Anugerah :D

Foto saya
Puring, kebumen , Indonesia

Senin, 13 Oktober 2014

RPP Tematik Kelas 1 Aku Merawat Tubuhku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     :    MI Al Iman Purwosari
Tema                                    :    Diriku
Subtema                               :    Aku Merawat Tubuhku
Kelas/Semester                   :    1 (Satu)/ 1 (Ganjil)
Alokasiwaktu                      :    30 Menit

.
A. Kompetensi Inti
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B
B. Kompetensi Dasar
          ·          Bahasa Indonesia
3.2.Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaankesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untukmembantu pemahaman.
4.2.Mempraktekkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dankebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.



          ·          PJOK
3.4.Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku,kulit, gigi, rambut,hidung,telinga,tangan,kaki,dan pakaian.
4.1.Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
          ·          Matematika
3.1.Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di      sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.1.Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

          ·          SBDP
 4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
          ·          PPKn
3.2.Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
-         Mengurutkan tahapan kegiatan mencuci tangan.



PPKn
-          Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan praktik mencuci tangan di sekolah.
Matematika
-         Melakukan penjumlahan sederhana pada garis bilangan.
-         Melakukan proses pengurangan sederhana pada garis bilangan
PJOK
-         Mempraktikkan kegiatan cuci tangan.
-         Melakukan gerakan melompatsesuai instruksi
SBDP
-         Menyanyikan lagu “Cuci Tangan”.
-         Menjelaskan isi lagu “CuciTangan”
.
D. Tujuan pembelajaran 
1. Mempraktikkan Cara Mencuci Tangan.
-          Setelah melihat contoh cara mencuci tangan dari guru, siswa dapat mempraktikkan kegiatan mencuci tangan dengan benar.
2. Mengenal Garis Bilangan melalui Gerakan Lokomotor.
-          Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat membilang 6–10 dengan tepat dengan cara melompat.
-          Dengan praktik melompat, siswa dapat mengenal konsep bilangan 6–10 dengan tepat.



E. Materi Pembelajaran
A. Urutan Kegiatan Makan
1.      Mencuci tangan.
2.      Berdoa sebelum makan.
3.      Makan.
4.      Berdoa setelah makan.
5.      Mencuci tangan setelah makan.
B. Cara Mencuci Tangan.
1.      Membasahi telapak tangan dengan air.
2.      Menambahkan sabun.
3.      Menggosok-gosokan sabun di seluruh telapak tangan, sela-sela jari, sampai punggung tangan.
4.      Membilas dengan air bersih.
5.      Mengeringkan tangan memakai lap tangan atau sapu tangan handuk

C. Menyanyi Sebelum Kita Makan Ciptaan Pak Kasur.
D. Melompat sambil Mengenal Bilangan.




A.     MetodePembelajaran 
1.      Tanya Jawab
2.      Inkuiri
3.      Diskusi
4.      Bermain Peran
B.     Media Pembelajaran
a.       Gambar
b.      Video
c.       Power Point
C.     Sumber Belajar
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku.


D.    Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
c.     Guru menyapa peserta didik
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi yang sudah dibahas kemarin.
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f. Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi,mengkomunikasikan dengan menyampailan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi



5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Memperhatikan teman yang memerankan urutan kegiatan makan.
·      Mengamati gambar tentang urutan mencuci tangan.
·      Memdengarkan lagu Sebelum Kita Makan.
·      Mengamati teman dalam permainan Gerakan Lokomotor.
·      Menyimak buku cetak.
b.    Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pentingnya mencuci tangan khususnya sebelum makan.
·      Mengajukan pertanyaan terkait pentingnya mencuci tangan.
·      Mengajukan pertanyaan tentang isi lagu Sebelum Kita Makan.
·  Mengajukan pertanyaan pentingnya merawat tubuh khususnya dengan olahraga.
·   Mengajukan pertanyaan tentang pengurangan dan penambahan dalam operasi berhitung.
c.    Eksperimen/Explore /mencoba
·      Secara berkelompok bermain peran cara urutan kegiatan makan dan mencuci tangan yang benar.
·      Secara berkelompok peserta didik satu persatu melompat melalui  garis bilangan.
d.    Asosiasi /menalar
·      Dengan bermain peran, mengamati gambar dan praktek secara langsung peserta didik mampu mengetahui urutan kegiatan makan dan mencuci tangan
·      Peserta didik mengetahui pentingnya mencuci tangan sebelum atau sesudah melakukan kegiatan.
·   Menguhubungkan pentingnya merawat tubuh terutama kegiatan makan dan mencuci tangan dengan mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa.
e.    Komunikasi.
·      Menanggapi hasil presentasi perwakilan kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kegiatan makan dan mencuci tangan.
·      Menjawab pertanyaan atau penguatan materi dengan sistem tanya jawab.
·  Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang urutan kegiatan makan dan mencuci tangan.
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru


20 menit
3.
Penutup
a.Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b.Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

5 menit

E.       Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajarandilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema­juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Tugas
·      Siswa diberi tugas untuk membawa sikat gigi.
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terait dengan
-       Kemampuan menyebutkan dan menjelaskan aktivitas sebelum makan.
-       Kemampuan mempraktikkan kegiatan mencuci tangan.
-       Ketepatan menentukan angka yang dituju sesuai instruksi.
-       Ketepatan melakukan gerakan melalui instruksi.
-       sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
·      Membuat gambar urutan kegiatan makan atau mencuci tangan.

Tes
·      Tesdalambentuklisandenganbermain peran tentang urutan kegiatan makan dan  mencuci tangan.
·      Dengan permainan siswa mampu mengenal gerakan lokomotor dan mengenal konsep bilangan 1-10.
·      Teskemampuankognitifdengan bermain peran dan permainan antar kelompok.

Rubrik Penilaian

No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaanmateri




2
Penguasaannilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan





Catatan :
*4 =  SangatBaik                 3 =  Baik
  2 =  Sedang                       1 =  Kurangbaik
RentangSkor    = Skor Maksimal – Skor Minimal
              =  16 - 4
              =  12/4
              =  3
MK        =   14 - 16
MB        =   11 - 13
MT         =   7 - 10
BT          =   4 -   6

Keterangan:          
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB    :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
Gurudapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.



Mengetahui,
Kepala MI Al Iman Purwos

 PUJI ASTUTI, S.Pd. I
NIP..............................                                                                                                   
Purwosari, 17  April2014

Guru kelas

Paryati.
NIP........................







Tidak ada komentar:

Posting Komentar